Analisis Iklan Shopee
Hai
teman-teman ,selamat datang di blog kami!!!!
Nah
teman-teman disini ,kemarin kan kita sudah ngebahas tentang content
marketing kan? Gimana udah pada paham belum ? Pasti udah kannn !!
Untuk tambah jelasnya ,disini kita akan memberi contoh nih tentang iklan dan bagaimana sih cara iklan teresebu untuk menarik para konsumen . Yukkkk cekidott…..
Untuk tambah jelasnya ,disini kita akan memberi contoh nih tentang iklan dan bagaimana sih cara iklan teresebu untuk menarik para konsumen . Yukkkk cekidott…..
Shopee Indonesia adalah salah satu pusat
perbelanjaan yang dikelola oleh Garena (berubah nama menjadi SEA
Group). Bisnis C2C (customer to customer) mobile marketplace yang diusung
Shopee memungkinkan kehadirannya dapat dengan mudah diterima oleh berbagai
lapisan masyarakat, termasuk di Indonesia.
Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia
pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Sejak
peluncurannya, Shopee Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat,
bahkan hingga Oktober 2017 aplikasinya sudah didownload oleh lebih dari 43 juta
pengguna. Menawarkan one stop mobile experience, Shopee menyediakan fitur live
chat yang memudahkan para penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan
mudah dan cepat.
1.
Core benefit
(namely the fundamental service of benefit that costumer really buying), yaitu
manfaat dasar dari suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen.
2.
Basic product
(namely a basic version of the product ), yaitu bentuk dasar dari suatu produk
yang dapat dirasakan oleh panca indra.
3.
Expected product
(namely a set of attributes and conditions that the buyers normally expect and
agree to when they purchase this product), yaitu serangkaian atribut-atribut
produk dan kondisi-kondisi yang diharapkan oleh pembeli pada saat membeli suatu
produk.
4.
Augmented
product (namely that one includes additional service and benefit that distinguish
the company’s offer from competitor’s offer), yaitu sesuatu yang membedakan
antara produk yang ditawarkan oleh badan usaha dengan produk yang ditawarkan
oleh pesaing.
5.
Potential
product (namely all of the argumentations and transformations that this product
that ultimately undergo in the future), yaitu semua argumentasi dan perubahan
bentuk yang dialami oleh suatu produk di masa datang.
Level Produk “ SHOPEE ”
·
Level 1 Benefit inti (core benefit)
Shopee membantu
orang-orang untuk berbelanja, tidak harus pergi ke toko tetapi Shopee
menyediakan layanan untuk memudahkan berberlanja online tanpa harus ke toko.
·
Level 2 Basic Product
Produk dasar yang
disediakan untuk menunjang manfaat inti yaitu dengan cara memberi Sale yang
besar kepada konsumen, dan membuat sologan-sologan yang mudah diingat oleh para
konsumen.
Dengan `mengawinkan`
elemen media sosial, pembeli atau penjual bisa langsung berinteraksi tanpa
perlu repot berhubungan di luar aplikasi Shopee.
Shopee menghadirkan fitur `Live Chat` yang menjadikannya berbeda dengan perusahaan e-commerce lainnya. Lewat fitur Live Chat ini, pembeli bisa langsung berbicara dengan penjual untuk bisa nego barang yang hendak dibeli.
Shopee menghadirkan fitur `Live Chat` yang menjadikannya berbeda dengan perusahaan e-commerce lainnya. Lewat fitur Live Chat ini, pembeli bisa langsung berbicara dengan penjual untuk bisa nego barang yang hendak dibeli.
·
Level 3 Expected Product
Produk yang bisa
diharapkan dari Shopee ini adalah mempermudah dalam berbelanja, dan semua
kebutuhan ada di Shopee
·
Level 4 Augmented product
Terdapat pilihan menu
untuk melihat range harga yang diinginkan, shoppe mart, Pulsa dan tagihan,
elektronik mall, dan promo bank semua ada di shopee, serta di shopee banyak
promo-promo dan Shopee menanam kan ‘gratis ongkir’.
·
Level 5 Potential product
Adanya penarikan dana untuk membataklan pemesanan
yang kita pesan, serta ada pembayaran yaitu bayar ditempat sehingga barang
datang dan kita membayar di rumah tanpa harus transfer ke toko tersebut.
Nah
gimana ? sudah di tonton kan videonya ? disini kami mengambil contoh iklan
shopee yang tersebar di internet marketing seperti youtube, instagram ,dll . Seperti
yang kita ketahui , Iklan Shopee sering muncul di media sosial atau internet.
Shopee merupakan situs jual beli atau market place online yang khusus
menyediakan transaksi jual beli. Ketika melihat iklan Shoope di media online
banyak konsumen yang tertarik dan melakukan transaksi jual beli. Mereka sering
membeli produk-produk semacam baju, alat kecantikan dan produk-produk asesoris
lainnya. Mengapa konsumen lebih suka membeli langsung ke pasar atau ke toko
online? bukankah jika membeli langsung di toko akan mempermudah untuk
mengetahui kualitas barang? Disini kita akan membahas tampilan iklan Shopee di
Internet dan bagaimana strategi yang dilakukan dengan iklan tersebut hingga
bisa tersebar di media sosial atau internet. Kami menimpulkan bahwa penampilan
iklan Shopee di media sosial secara visual dan audio sangat kreatif. Penampilan
visual nya di desain dengan dominasi warna oranye dan putih, sedangkan audionya
menggunakan lagu Baby Shark yang kemudian diganti liriknya. Kedua Shopee
menyebarkan iklannya menggunakan pemasaran internet, dimana iklan tersebut
tersebar di berbagai media dan internet. Kemudian mengkomunikasikan ide-ide
pemasaran yang ditransformasikan dalam bentuk yang bisa menarik perhatian.
Iklan tersebut terus ditayangkan hingga mendapat respon atau feedback dari
khalayak. Melihat apa yang dihadirkan Shopee menunjukan keefektifannya. Sebab
selain ekonomis tetapi juga terdapat unsur efisien. Pertama, sisi ekonomis dari
Shopee adalah kemudahan informasi yang didapat oleh pengguna media sosial tidak
membutuhkan biaya banyak. Sehingga hal itu mendorong pelaku konsumen setelah
melihat iklan Shopee tertarik untuk melakukan transaksi. Kedua efisien, media
sosial yang hampir semua masyarakat menggunakanya, Shopee hadir pada setiap
media sosial sehingga sangat efisien dalam memberikan informasi karena mudah
diakses dibelahan wilayah dalam konteks geografis.
·
Target Pasar Iklan Shopee
Sasaran pengguna Shopee adalah kalangan muda yang
saat ini terbiasa melakukan kegiatan dengan bantuan gadget termasuk kegiatan
berbelanja, untuk itu Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile guna untuk
menunjang kegiatan berbelanja yang mudah dan cepat. Kategori produk yang
ditawarkan Shopee lebih mengarah pada produk fashion dan perlengkapan rumah
tangga . Iklan Shopee tidak menggunakan unsur seksual di dalam iklannya. Karena
sasaran pasarnya adalah semua khalayak, artinya mulai dari anakanak hingga
orang dewasa. Musik menjadi komponen penting dalam suatu periklanan yang bisa
mengundang perhatian, bahkan bisa mudah diingat oleh banyak orang. Shopee
menggunakan lagu Baby Shark yang diganti liriknya.
·
Strategi Pemasaran untuk menarik
konsumen
Seperti kita lihat diatas, dalam iklan Shopee mereka
menggunakan Artis sebagai Icon Iklannya bahkan termasuk presiden. Dengan keunikan
script iklan yang mereka buat bisa membuat masyarakat di berbagai belahan dunia
mengingat betapa uniknya iklan Shopee. Iklan Shopee menarik dan mengandung
unsur humor dimana dalam iklan terdapat beberapa orang menari-nari bahagia. dengan
aplikasi Shopee dimana di dalamnya terdapat fasilitas seperti diskon, gratis
ongkir, hingga barang-barang berkualitas dengan harga yang murah. Salah satu
contohnya yaitu dalam iklan Shopee memiliki fasilitas gratis ongkir, jika orang
memilih untuk tidak berbelanja di Shopee maka mereka tidak akan mendapat gratis
ongkir. Shopee membuat kata-kata yang bersifat membujuk atau persuasif di dalam
iklannya.
Dan shopee ini sering mengadakan promo/bigsale yang sangat menarik serta para artis sebagai partner sponshorship, beramai-ramai foto memegang balon dengan caption yang sudah di tentukan oleh Shopee itu sendiri, Shopee juga membuat bigsale dengan kode promo yang bertuliskan dengan nama artis tersebut seperti "SHOPEEARIEL"
sumber :
https://www.liputan6.com/tekno/read/2379358/ini-yang-bikin-shopee-beda-dengan-aplikasi-belanja-online-lain
http://blog.ub.ac.id/galuhayu/2013/04/30/5-tingkatan-produk-dalam-manajemen-pemasaran/
https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee_Indonesia
https://www.youtube.com/watch?v=poTlPru3KW8
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete